Perkembangan Sejarah Ilmu Fiqih I: Zaman Nabi dan Shahabat

Fiqih pada Zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

Perlu diketahui bahwa pada zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ilmu fiqih belum ditulis dan pembahasannya dalam hal hukum pada saat itu berbeda dengan para ulama fiqih. Yang mana para fuqaha’ menjelaskan rukun-rukun, syarat-syarat dan adab beribadah dengan seluruh kemampuannya. Setiap pembahasannya berbeda dengan pembahasan yang lain. Dalil-dalilnyapun berbeda, memberikan gambaran bahasa menurut ketentuan mereka lalu membahasnya. Memberi batas dan ruang lingkup bagi permasalahan yang bisa dibatasi dan lain sebagainya. Sedangkan di zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ketika beliau berwudhu para Shahabat radhiallahu ‘anhum melihat dan meniru bagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berwudhu tanpa mengatakan: yang ini rukun wudhu dan yang itu adab berwudhu. Mereka melaksanakan Shalat sebagaimana yang mereka lihat dari Rasulullah ketika shalat. Begitu juga ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melaksanakan ibadah haji, para Shahabat melihat beliau dengan seksama dan kemudian menirunya.

Kurang lebih seperti itulah situasi di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Tidak dijelaskan bahwa rukun wudhu ada enam atau empat. Dan tidak menyatakan bahwa seseorang ada kemungkinan berwudhu tanpa muwalah sehingga dia dapat dihukumi sah atau tidak dan lain sebagainya. Di masa Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam hanya sedikti Shahabat yang menanyakan hal-hal seperti ini.

Ketika para Shahabat bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tentang berbagai peristiwa beliau menjawabnya. Apabila ada suatu perkara yang terdengar oleh Rasulullahshallallahu ‘alaihi wasallam beliau menyelesaikannya. Saat Rasulullah melihat orang-orang melakukan perbuatan baik, beliau memujinya. Sebaliknya jika melihat mereka melakukanperbuatan mungkar, beliau mengingkari dan meluruskannya. Apa yang difatwakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berasal dari pertanyaan-pertanyaan Shahabat. Perkara-perkara yang diputuskan Rasulullah mengenai baik dan tidaknya disebabkan berbagai peristiwa yang terjadi di masyarakat pada waktu itu. Beliau memperhitungkan hal-hal yang dimudahkan Allah bagi mereka dalam beribadah, dalam fatwa dan berbagai persoalan lainnya. Kemudian para Shahabat melaksanakan dan menjaganya. Beliau mengetahui betul segala segi dan aspek yang mempengaruhi kondisi masyarakat waktu itu. Sehingga terkadang dalam satu hal beliau mengatakan mubah pada seseorang dan mengatakan sunnah pada orang lain. Pada kesempatan lain beliau mengatakan bahwa hal itu adalah telah diganti dengan hukum yang baru karena disebabkan oleh berbagai faktor. Tujuannya tidak lain adalah untuk menciptakan ketentraman dalam masyarakat tanpa melihat jalan pengambilan dalil. Mereka terus dalam kondisi seperti ini hingga berakhirnya masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Ilmu Fiqih Pada Zaman Shahabat Radhiallahu ‘anhum

Pada masa ini para Shahabat saling berpencar ke berbagai penjuru untuk menyebarkan risalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Akhirnya setiap orang menjadi panutan dalam berbagai persoalan. Disaat peristiwa-peristiwa baru terus terjadi dan berbagai persoalan saling bermunculan, orang-orang meminta fatwa kepada para Shahabat. Setiap Shahabatpun menjawab pertanyaan itu sesuai apa yang dihafal dan dipelajari dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam atau dari ijtihad mereka. Ketika persoalan-persoalan itu diluar apa yang mereka ketahui dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, mereka melakukan ijtihad berdasarkan pemahaman mereka tentang illat atau alasan-alasan seputar hukum yang Rasulullah shallallahu ‘alayhi wasallam ajarkan. Mereka akan mengajarkan setiap hukum yang mereka preoleh dan berusaha keras agar sesuai dengan maksud Rasulullah shallallu ‘alayhi wasallam.


Bandung, 3 Jumadil Awal 1437 H

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s