Ta’jilun Nada-Pengantar Bagian II, Biografi Syaikh Abdullah bin Shalih Alu Fauzan- Penyusun Kitab Ta’jilun Nada

Berikut biografi Syaikh Abdullah bin Shalih Alu Fauzan yang ditulis oleh beliau sendiri atas permintaan beberapa ikhwan sebagai pelengkap situs beliau:

Nama
Abdullah bin Shalih bin Abdullah bin Fauzan bin ‘Ali Alu Fauzan. Nasab keturunan berakhir pada Al Asa’idah dari Ar Rauqah, Kabilah ‘Utaibah. Dilahirkan di kota Buraidah, Al Qashim pada tahun 1368 H (1948 M).

Pengalaman Belajar
Setelah melewati pendidikan dasar pada tahun 1385 H (1965 M), saya belajar di Al Ma’had Al ‘Ilmi di Buraidah, dan saya lulus pada tahun 1389 H (1969 M). Saya mengambil ilmu dari masyayikh ma’had tersebut, seperti :

  1. Syaikh Shalih bin Ibrahim Al Bulaihi
  2. Syaikh Shalih bin Abdurrahman As Sukaiti
  3. Syaikh ‘Ali bin Ibrahim Adh Dhali’
  1. Syaikh Shalih bin ‘Abdullah Al Muqbil
  2. Syaikh Hamd bin Muhammad Al Muhaimid
  3. Syaikh Fahd bin Muhammad Al Musyaiqih rahimahumullah (semoga Alloh merahmati mereka).

Kemudian saya belajar di Fakultas Syariah di Riyadh dan lulus pada tahun ajaran 1393-1394 H (1973-1974 M) dengan nilai istimewa. Selanjutnya, saya ditunjuk sebagai dekan fakultas tersebut. Setelah masa jabatan selesai, saya tidak ingin lagi menjadi dekan di sana. Saya meminta pindah ke Ma’had Buraidah Al ‘Ilmi. Di sana saya mengajar Tafsir dan ushulnya, Fiqh dan ushulnya, madzhab-madzhab masa kini, Nahwu, dan Balaghah selama delapan belas tahun.

Pada semester kedua tahun 1412 H (1991 M) saya pindah mengajar di Universitas Al Imam Muhammad bin Su’ud Al Islamiyyah cabang Al Qashim dengan permintaan dari universitas tersebut. Saya pun mengajar pada bagian Sunnah serta ilmu-ilmunya selama tiga belas tahun. Kemudian saya meminta pensiun lebih awal pada akhir semester pertama tahun 1425 H (2004 M).

Alhamdulillah, saya membuka sebagian pelajaran-pelajaran ilmiah di masjid yang terletak di samping rumah saya. Saya memberikan penjelasan terhadap banyak matan dalam bidang Aqidah, Fiqih, Ushul, dan Nahwu. Yang terakhir adalah pelajaran Bulughul Maram yang sampai sekarang masih berjalan. Saya juga turut serta dalam sebagian muhadharah dan daurah ilmiyyah musim panas.

Karya Tulis
Dengan taufiq dari Alloh, saya telah membuat beberapa karya tulis, di antaranya :

  1. Dalil As Salik Fi Alfiyyah ibn Malik.
  2. Ta’jil An Nada Syarh Qathr An Nada.
  3. Taisir Al Ushul Ila Qawa’id Al Ushul
  4. Syarh Al Waraqat
  5. Majalis ‘Asyr Dzi Al Hijjah
  6. Ahkam Hudhur Al Masajid
  7. Ahadits Ash Shiyam Ahkam Wa Adab
  8. Jam’u Al Mahshul Fi Syarh Risalah ibn Sa’di Fi Al Ushul
  9. Ahadits ‘Asyr Dzi Al Hijjah Ahkam Wa Adab
  10. Zinah Al Mar’ah Al Muslimah
  11. Kaifa Nakunu Min As Syakirin?
  12. Min Ahkam Al Haj Wa Al ‘Umrah Masail Yaktsuru As Sual ‘Anha
  13. Minhah ‘Al ‘Allam Fi Syarh Bulugh Al Maram
  14. Fiqh Ad Dalil Fi Syarh At Tashil

Di samping itu juga ada beberapa karya tulis yang masih berupa tulisan tangan. Saya memohon kepada Alloh agar memberikan pertolongan untuk menyempurnakan dan menyebarkannya.

Saya menulis sekelumit biografi ini dalam rangka memenuhi permintaan ikhwah di situs saya. Yang mana sesungguhnya jika tidak ada permintaan tersebut, saya tidak ingin menampakkan sedikitpun dari apa yang telah disebutkan di atas.

Saya memohon kepada Alloh agar menjadikan amalan ini sebagai amal shalih, ikhlas untuk mengharap wajahNya, dan bermanfaat untuk para hambaNya. Semoga Alloh senantiasa melimpahkan shalawat dan salam kepada hamba dan utusanNya, nabi kita Muhammad, juga kepada keluarga dan shahabat beliau.

Sumber : http://alfozaan.com/index.php?option=&task=view&id=1362&Itemid=52

Sekilas tetang Kitab Ta’jilun Nada

Di antara makna dari lafadz تعجيل adalah “menyegerakan” dan “mempersembahkan.” Sedangkan lafadz الندى selain bermakna “embun” atau “hujan,” juga bermakna : الجُود (kedermawanan), السخاءُ (kemurahan hati), dan الخير (kebaikan). Sehingga تعجيل الندى  bisa berarti “menyegerakan kebaikan” atau “mempersembahkan kebaikan.”

Kitab Ta’jilun Nada pada asalnya adalah syarh (penjelasan) yang ditulis oleh Syaikh Abdullah Bin Shalih Al Fauzan hafidhahullah setelah mengajarkan matan Qathrun Nada di sebuah masjid yang terletak di dekat rumah beliau. Kajian syarh Qathrun Nada yang diadakan sepekan sekali ini dimulai pada Selasa sore, tanggal 13 Syawal 1415 H dan berakhir pada Selasa sore 16 Dzulqa’dah 1417 H. Kajian ini terbatas pada hari-hari belajar aktif nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi. Jadi jika tiba masa liburan, Syaikh Abdullah hafidhahullah pun beristirahat sementara dari mengisi kajian ini.

Sumber: Channel Telegram تعجيل الندى, https://telegram.me/TajilunNada

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s