Bahasa Arab, Download

Download Kamus Bahasa Arab untuk PC

Sebagai orang ‘ajam (non-arab), banyak yang berpendapat bahwa bahasa arab merupakan bahasa asing yang paling sulit untuk dipelajari. Bahasa ini termasuk bahasa yang memiliki kosa kata terbanyak. Dalam bahasa Indonesia sendiri, banyak sekali kata-kata dalam bahasa Arab yang diserap menjadi bahasa Indonesia, seperti musyawarah, sabun, hakim, kamus, dsb. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa bahasa arab memiliki pengaruh yang cukup besar dalam perkembangan bahasa Indonesia.

Sebagai seorang muslim, wajib bagi kita mempelajari bahasa arab sebagaimana perkataan ‘Umar bin al-Khaththab radliyallahu ‘anhu,

“ تعلموا العربية فإنها من دينكم، وتعلموا الفرائض فإنها من دينكم”

“Pelajarilah bahasa Arab karena ia bagian dari agama kalian. Pelajarilah hukum waris, ia juga bagian dari agama kalian.”

Sebagaimana cara mempelajari bahasa asing yang lain, diperlukan penguasaan kosa kata yang cukup untuk mengerti bahasa Arab. Dan dalam hal ini, kamus merupakan suatu alat yang sangat dibutuhkan selain seorang penerjemah. Semakin berkembangnya teknologi, kamus-kamus berupa buku telah banyak ditinggalkan dan beralih ke versi digital. Alasannya adalah kemudahan pencarian dan mobilitas yang tinggi. Maka berikut saya cantumkan beberapa kamus digital Arab <->  Indonesia yang penulis ketahui beserta link download-nya.

  1. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia
    Kamus ini adalah versi scan dari kitab cetakan Kamus Al-Munawwir. Kamus Al-Munawwir merupakan kitab yang paling populer di kalangan penuntut ilmu Bahasa Arab karena merupakan kamus yang paling lengkap. Namun karena lengkapnya buku tersebut, membuat kamus ini cukup tebal dan berat sehingga menyulitkan untuk dibawa. Versi scan ini memudahkan bagi kita untuk mengakses kamus al-Munawwir dengan menggunakan gadget seperti laptop, tablet, atau HP. Namun yang baru tersedia adalah versi Arab-Indonesia, sedangkan versi Indonesia-Arab belum tersedia. Berikut link download kamus Al-Munawwir.
    format pdf (48,6 MB)
  2. Kamus Al-Mufid
    almufid
    Kamus ini merupakan software yang dikembangkan oleh muslim.or.id. Meski memiliki database yang jauh lebih sedikit dibanding kamus Al-Munawwir, namun saya kira kamus ini cukup praktis untuk digunakan mencari kata yang umum dan sudah mencakup Indonesia-Arab. Sampai saat ini, yang saya miliki adalah versi 1.1. Namun berikut saya cantumkan versi 1.0 dan 1.1.
    Kamus Al-Mufid 1.0 (500 KB)
    Kamus Al-Mufid 1.1
    (800 KB)

 

  1. Verb Ace dengan database Al-Munawwir

Verbace
Verb Ace merupakan software penerjemah instan. Segala bahasa dapat diterjemahkan selama kita memiliki database bahasa yang bersangkutan. Cara penerjemahan dapat dilakukan dengan mengetikkan sendiri suatu kata di kotak yang telah disediakan ataupun dengan mengarahkan pointer ke suatu kata yang ingin diterjemahkan dengan disertai kombinasi tombol keyboard tertentu.
Di dalam software ini telah disediakan database kamus Inggris-Arab-Inggris sehingga perlu tambahan database jika ingin menerjemahkan dari atau ke dalam bahasa Indonesia. Sayangnya, software ini berbayar sehingga harus membeli lisensi terlebih dahulu untuk menggunakan versi Pro. Jika tidak, maka software ini akan aktif dalam bentuk trial selama 14 hari. Untuk link download silahkan download di http://verbace.com. 
Database Al-Munawwir Arab Indonesia (1.673 KB)

  1. Kamus Bahasa Arab v3.0
    almufid
    Kamus ini merupakan kamus freeware yang dikembangkan oleh kang Asep Hibban. Dari pengamatan saya, kamus ini menggunakan database Al-Munawwir sehingga cukup lengkap. Kamus ini juga diklaim dapat disinkronisasikan dengan maktabah syamilah, namun saya sendiri belum pernah coba. Fasilitas lain yang terdapat dalam kamus ini adalah virtual keyboard dan output penerjemahan yang digolongkan menjadi dua, yaitu fiil (kata kerja) dan ghairu fiil (selain kata kerja). Versi asli aplikasi ini memiliki bug yang cukup mengganggu, sehingga dalam versi yang saya dapatkan terdapat file ‘jamu’ , yaitu versi perbaikan dari yang asli yang dibuat oleh Fathurahman H. yang digunakan untuk menggantikan aplikasi aslinya ketika selesai di-install. Berikut link download Kamus Bahasa Arab v3.0 (4,3 MB)

Demikian beberapa kamus yang berhasil saya kumpulkan. Sebenarnya saat ini sudah banyak kamus dalam bentuk aplikasi android yang lebih praktis penggunaannya. Namun bagi mereka yang membutuhkan penerjemahan ketika membuka PC tentu membuka aplikasi di PC itu sendiri akan lebih praktis. Semoga orang-orang yang berkontribusi dalam pembuatan dan pengembangan kamus di atas mendapat pahala dari Allah yang tak terputus selama manfaatnya masih dirasakan oleh para penggunanya. Dan semoga kita dimudahkan untuk mempelajari bahasa Arab sehingga dapat memahami agama ini dengan lebih baik.

Selesai ditulis di Lamongan, 7 Sya’ban 1439 (22 April 2018 M) pukul 18.33

12 tanggapan untuk “Download Kamus Bahasa Arab untuk PC”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.